It is about free pages, Free stuff, Free image hostings, best links, most found links for share.

Isu Kudeta Hanya Sebatas Cerita

ADSENSE HERE!
Isu kudeta dinilai hanya bentuk kegalauan semata. Berlebihan pula bila unjuk rasa diartikan sebagai bentuk kudeta. "Kalau aksi unjuk rasa diartikan kudeta, itu hanya SBY saja yang galau," kata Sekretaris Fraksi Partai Hanura Saleh Husin di Jakarta, Kamis (21/3).

Dia mengatakan, Presiden berlebihan bila mengartikan unjuk rasa yang rencananya dilakukan para aktivis pada 25 Maret 2013 sebagai kudeta. Terlebih lagi, tambah Saleh, Indonesia tak punya sejarah kudeta sejak negara ini berdiri.

Saleh pun mengkritisi informasi intelijen yang dibuka kepada publik. Menurut dia, informasi intelijen seharusnya hanya untuk konsumsi Presiden. "Harusnya analisis intelijen itu ketika diungkapkan ke Presiden tidak perlu diungkapkan ke publik karena hal itu sangat kurang elok," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letnan Jenderal Marciano Norman mengatakan, akan ada aksi unjuk rasa di Jakarta, Senin (25/3). Agenda aksi unjuk rasa itu, menuntut Presiden SBY turun dari jabatannya.

Unjuk rasa mengkritisi Presiden SBY merupakan hal yang lumrah terjadi. Kritikan terhadap presiden, layak dilakukan, karena menjelang berakhirnya periode kedua Presiden SBY, kinerjanya tidak kunjung memuaskan rakyat Indonesia.

Di era reformasi sekarang, melakukan kritik terhadap seorang presiden merupakan hal yang lumrah belaka. Bahkan, meminta presiden mundur, juga sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, upaya melengserkan seorang presiden yang terpilih secara konstitusional, bukanlah pekerjaan mudah.

Lagi pula, dalam tradisi perpolitikan di tanah air, pengalihan kekuasaan melalui cara-cara inkonstitusional, lazimnya tidak akan memperoleh legitimasi dari rakyat. Karenanya, yang mungkin melengserkan penguasa, hanyalah melalui people power, bukan lewat kudeta.

Karenanya, jika sampai Presiden SBY menyatakan, perihal adanya upaya melakukan kudeta terhadap pemerintahannya, merupakan sebuah sikap kekkhawatiran yang berlebihan. Sebab, sejatinya isu kudeta hanyalah sebatas cerita.

Dalam konteks demikian, sangat wajar jika banyak pihak justru merasa prihatin dengan sikap Presiden SBY belakangan ini, yang terkesan mudah galau, tidak hanya disebabkan isu kudeta, melangitnya harga bawang, juga carut-marut di tubuh Partai Demokrat, yang tak kunjung usai.

Sejauh ini, isu kudeta memang hanya sebatas cerita. Atau, jangan-jangan isu kudeta itu justru sengaja dimanfaatkan untuk kepentingan pencitraan politik, atau malah hanya sekadar pengalihan isu belaka. Allahu A'lam Bish-shawab.


Halaman Orisinil disini

ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © About Much Link Found in This Blogspot. All rights reserved. Template by CB