It is about free pages, Free stuff, Free image hostings, best links, most found links for share.

Mengurus Ijin Tinggal di Cina

ADSENSE HERE!

muslim, sunda, guru, pelajar, ayah, pesepeda, pejalankaki, penonton, pendengar musik selain jazz, suka tinju gak suka sepakbola, suka GREEN, SOSBUD, TRAVEL, belajar dari apasaja-kapansaja-dimanasaja--- menulis sebagai penguatan IQRA. sementara tinggal di Wuhan, Hubei, Republik Rakyat Tiongkok

Hari ini adalah waktu pengambilan paspor di kantor polisi. Kantor polisi ini khusus mengurus exit and entry bagi penduduk lokal dan juga warga negara asing yang tinggal di Wuhan. Berlokasi di pusat bisnis Optic Valley, Wuchang. Tidak seperti di Indonesia, kerjaan imigrasi dilakukan oleh kantor polisi. Lokasi yang saya datangi ini merupakan tempat untuk memperpanjang ijin tinggal. Sedangkan untuk mengurus ijin tinggal pertama kali, harus dilakukan di kantor Imigrasi yang ada di belahan Hankou. Wuhan merupakan gabungan tiga kota: Wuchang, Hankou, dan Han-yang. Prosedur ijin tinggal pertama kali mungkin sama dengan di negara lain, harus ada periksa kesehatan. Boleh juga periksa kesehatan di Indonesia, di rumah sakit-rumah sakit yang sudah biasa melayani periksa kesehatan untuk ke Cina. Waktu itu saya cek kesehatan di daerah Kuningan, di Rumah Sakit MMC, jadi ketika disini, tidak periksa kesehatan lagi. Tinggal validasi dokumen hasil cek kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk disini.

Suasana kantor ini selalu sibuk oleh penduduk Wuhan, sedangkan konter untuk warga asing hanya satu loket. Satu-satunya officer yang speak English seperlunya. Biasanya untuk warga asing tidak perlu ambil nomor antrian, karena pengujungnya tidak terlalu banyak. Kepada petugas tersebut disampaikan dokumen yang diperlukan, copy paspor dan foto dua buah. Mengisi buku tamu, kemudian difoto menggunakan webcam, setelah itu disampaikanlah print out Form Pengambilan Paspor yang harus ditandatangani. Waktu proses sekitar 10 menit.

Seminggu kemudian Ijin Tinggal sudah bisa diambil, biayanya untuk pelajar selama setahun adalah 400 yuan. Saya mengurusnya Selasa minggu yang lalu, jadi hari ini adalah waktu pengambilan. Pengurusan inin tinggal di kampus per tahun. Beberapa kampus lain bisa merekomendasikan lebih dari satu tahun. Tetapi konon untuk menghindari penyalahgunaan visa belajar dengan bekerja disini, maka dibuat kebijakan per tahun.

Prosedur pengambilan dengan menyetor Form Pengambilan Paspor ke seorang petugas disitu. Kemudian petugas tersebut mencetak kuitansi pembayaran dan menyuruh untuk membayar di loket yang ada lantai 6 gedung sebelah, sambil menyita form di mejanya. Menuju loket tersebut menggunakan lift khusus menuju lantai enam, yang tidak berhenti di lantai lainnya. Setelah dibayar, maka kembali ke petugas tersebut untuk menyerahkan satu copy kuitansi dan mengambil Form Pengambilan Paspor. Setelah itu, menuju petugas lainnya dengan menyerahkan Form tersebut. Kemudian petugas mengambilkan paspor, dan kita disuruh mengisi buku bukti pengambilan paspor. Lokasi kantor nya sempit, tetapi selalu sibuk. Disini ada juga jasa fotokopi, biayanya lebih mahal daripada di tempat lainnya di luaran. Sepanjang pengamatan saya tidak ada yang namanya calo atau jasa pengurusan atau apapun namanya. Setiap orang mengurus dirinya masing-masing, dan apabila bertanya-tanya akan dibantu oleh orang lain yang senasib.

Wuhan, 2013-03-19


Halaman Orisinil disini

ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © About Much Link Found in This Blogspot. All rights reserved. Template by CB