It is about free pages, Free stuff, Free image hostings, best links, most found links for share.

Petani bawang dan peternak sapi bahagia, jangan sirik!

ADSENSE HERE!

Harga bawang dan daging sapi melonjak naik. Dari setengah bulan terakhir hingga sekarang. Bahkan dibeberapa daerah harga bawang putih mencapai Rp100.000/kg. Sementara harga bawang merah berkisar 60.000-80.000/kg. Daging hingga 80.000/kg.

Untuk daerah kab. Solok selatan, sumbar. Banyak petani bawang dan peternak sapi disini merasa ketiban rejeki nomplok. Padahal sebulan yang lalu harga bawang hanya berkisar 15.000/kg. Dan daging sapi 60.000/kg.

Selain bawang, tercatat juga kenaikkan tajam pada harga daging sapi/kerbau. Tentunya ini juga membuat peternak sapi bahagia. Selain itu harga sayur_sayuran lain juga ikut naik, walaupun tidak sebanyak kenaikan harga bawang dan daging. (Hasil pengamatan pribadi penulis di pasar-pasar tradisional kab. Dharmasraya dan kab.solok-selatan. Propinsi sumatera barat.)

saat pemerintah banyak disalahkan. Dan sebagian warga,(buruh dan pegawai negeri) banyak mengeluhkan kenaikkan harga komoditas pertaniaan ini. Namun sebaliknya dilain pihak petani sayur-sayuran dan peternak (khususnya petani bawang dan peternak sapi) seperti kelimpahan rejeki. Bukankah harga seperti ini yang diharapkan mereka ini?

Cukup banyak derita mereka dulu saat pakan ternak harganya mahal, sementara daging harganya biasa saja. Juga sering petani sayuran yang mengeluhkan terus naiknya harga pupuk pertanian dan pestisida racun hama. Selayaknya para petani sayur dan peternak kita, untuk menikmati kenaikkan harga saat ini.

Bukankah sudah sering pemerintah menaikkan gaji PNS dan UMR para buruh kota. Dan juga sudah sering pemerintah menaikkan harga pupuk yang semakin mencekik petani di desa. Memang ini adalah delema. Tapi pemerintah seharusnya menurunkan harga pupuk dan menggalakkan serta mengratiskan penyuluhan pertanian di pedesaan dulu. Agar hasil pruduksi pertanian melimpah namun dengan biaya cocok tanam yang murah.
Sehingga kebahagiaan petani kita bisa sejalan dengan kebahagiaan PNS dan buruh kota.

Salam bahagia petani bawang dan peternak sapi.


Halaman Orisinil disini

ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © About Much Link Found in This Blogspot. All rights reserved. Template by CB